Belajar Google Adwords dalam 4 Hari
Saya membuat crash course 4 hari untuk mengajarkan dasar-dasar Google Adwords—metode sink-or-swim yang sama yang saya gunakan untuk mempelajarinya sendiri, dimulai dengan kuis 40 pertanyaan untuk menilai posisi kamu.
Posting ini ditulis pada tahun 2008. Beberapa detail mungkin sudah berubah sejak saat itu.
Saya sering menghadapi pertanyaan dari teman/klien yang ingin mengelola sendiri tentang bagaimana mereka bisa belajar Google Adwords secepat mungkin. Respons normal saya biasanya adalah buat akun sendiri, masukkan informasi kartu kredit dan mulai belanjakan uang :D. Dengan cara ini kamu akan belajar sangat cepat. Update 14 Feb 2011, saya baru-baru ini menerbitkan ebook untuk pemula tentang Google Adwords berjudul "Get going with Google Adwords". Dalam ebook ini, saya membahas sebagian besar dasar-dasar seperti: riset kata kunci, cara mendaftar akun di Google, membuat kampanye pertama, menulis ad copy, reporting dll... Kebetulan ini juga cara saya belajar Google Adwords beberapa tahun lalu. Bagaimanapun, saya sedang menelusuri beberapa materi lama yang pernah saya tulis dan menemukan yang satu ini "7 Days Adwords Crash Course" Ini adalah materi yang saya buat untuk membantu seorang teman belajar tidak hanya tentang Adwords tapi juga Display Advertising dan eDM. Saat itu Content Network Google belum sebesar sekarang di Singapura (maksud saya Google tidak punya banyak impressions untuk ditayangkan secara lokal atau bahkan di kawasan Asia Tenggara). Saya sadar materinya mungkin sudah ketinggalan zaman tapi saya putuskan untuk tetap berbagi. Saya mempersingkat 7 hari menjadi 4 hari saja, mengeluarkan Display Media dan eDM untuk saat ini. Sebelum lanjut, saya harus bilang kebanyakan materi di sini bisa kamu temukan di Adwords Learning Center.
I. Hari 1: Hari Kuis
Saya percaya sebelum kamu belajar sesuatu, kamu perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang posisi kamu. Jadi saya punya 40 pertanyaan di bawah ini yang harus diselesaikan dalam 90 menit. Ini BUKAN pertanyaan pilihan ganda atau Ya/Tidak kecuali disebutkan demikian.
- Jelaskan struktur akun Adwords
- Berapa jumlah maksimum kampanye yang bisa kamu miliki di 1 akun?
- Berapa banyak ad group dalam 1 kampanye?
- Berapa banyak kata kunci dalam 1 ad group?
- Bagaimana cara menghitung Click through Rate?
- Faktor apa saja yang mempengaruhi ad rank?
- Bisakah pengiklan mengubah geo targeting kampanye setelah kampanye dibuat?
- Apa saja model harga untuk Google Adwords?
- Bagaimana cara melihat iklan Australia (iklan yang dilihat oleh orang di Australia) untuk kata kunci "flower" di Google.
- Apa itu Google Content Network?
- Sebutkan 3 website di Singapura yang berpartisipasi dalam Google Content Network
- Bagaimana cara memeriksa jumlah kompetitor untuk kata kunci tertentu?
- Apa itu keyword max CPC? Preferred CPC?
- Jika pengiklan menetapkan max CPC untuk kata kunci "florist in Singapore" @$1.0. Berapa yang dia bayar jika seseorang mengklik iklannya di Google?
- Bagaimana cara membuat keyword performance report?
- Bisakah pengiklan menargetkan orang yang menggunakan bahasa berbeda menggunakan 1 kampanye?
- Jika total budget untuk 6 bulan adalah SGD $10,000.00. Berapa daily budget-nya?
- Jika daily budget adalah $10.0. Berapa jumlah maksimum yang bisa dikenakan Google per hari?
- Berapa minimum CPC untuk Singapura?
- Apa saja status kata kunci?
- Bisakah pengiklan menggunakan broad match dan phrase match untuk kata kunci yang sama dalam satu ad group?
- Bisakah pengiklan menggunakan broad match dan exact match untuk kata kunci yang sama dalam satu ad group?
- Apa yang harus kamu lakukan ketika kata kunci inactive?
- Haruskah pengiklan menaruh nomor telepon perusahaan di adtext?
- Apakah Google mengizinkan landing page dengan pop up, dengan syarat pop up tersebut berisi promosi khusus?
- Jika pengiklan mendapat 50% profit margin dari produk $1000.00, dan satu dari 100 pengunjung membeli, berapa yang bisa dibelanjakan pengiklan per pengunjung untuk membeli traffic dan tetap break even.
- Jika iklan Google muncul 3500 kali, 200 pengunjung mengklik iklan dan pergi ke website. Setiap klik biaya $0.5. Empat pengunjung membeli bunga sebagai berikut: Pengunjung A membeli mawar @ $75.0 Pengunjung B membeli bunga matahari @ $60.0 Pengunjung C membeli hand bouquet @ 30.0 Pengunjung D membeli kue durian @ 80.0 Berapa jumlah uang yang dibelanjakan pengunjung rata-rata?
- Jelaskan apa yang kamu pahami tentang aturan 80/20 dalam konteks Online Advertising?
- Bisakah pengiklan membuat kampanye yang menargetkan Google content network saja (iklan tidak muncul di Search network)?
- Jika hanya ada 7 pengiklan untuk kata kunci "camera shop", berapa yang harus saya bayar agar iklan muncul di posisi 8?
- Apa itu Google Budget Optimizer jika tersedia?
- Bisakah pengiklan memilih untuk menampilkan iklannya hanya pada hari Senin jam 7 pagi sampai 10 pagi?
- Bisakah pengiklan membuat kampanye iklan mobile di Singapura?
- Bisakah pengiklan melacak konversi dari Yahoo Ads menggunakan Google Adwords?
- Saya tidak bisa mengetahui biaya satu konversi dari Google Adwords? Benar/Salah
- X adalah agensi Singapura yang berarti X hanya bisa menggunakan SGD untuk membayar Google untuk biaya iklan klien. Benar/Salah?
- Bagaimana cara pengiklan mengoptimasi akun Adwords?
- Bagaimana cara pengiklan menemukan iklan yang ditolak?
- Jelaskan pendekatan yang akan kamu ambil jika diminta membuat kampanye untuk NTU Singapore (http://www.ntu.edu.sg) yang menargetkan mahasiswa SEA.
- Jelaskan alasan mengapa kamu pikir kamu bisa membuat kampanye yang bagus untuk NTU Singapore.
Setelah 40 pertanyaan dalam waktu ketat 90 menit, kamu bisa tahu banyak tentang level pemahaman kamu sendiri tentang Adwords. Lebih penting lagi, jika kamu perhatikan dengan seksama, kamu akan menemukan banyak hal lain tentang skill set lain seperti bagaimana kamu mengelola waktu dll...
II. Hari 2 Adwords Dasar-Dasar
1. Campaign, Ad Group, Keywords: Bagaimana memecahnya?
- Ad group adalah unit individual terkecil yang berisi kata kunci dan ad text.
- Beberapa ad group bisa dimasukkan dalam satu campaign.
- Satu campaign seharusnya hanya berisi 1 topik
- Sebagai aturan umum, dalam setiap ad group individual, kata kunci kamu harus terkait erat satu sama lain jika tidak Quality Score kamu akan turun.
- Selalu beri nama campaign dan ad group kamu dengan cara yang bermakna. Jadi daripada memberi nama campaign dan ad group sebagai: Campaign 1, campaign 2, ad group 1, ad group 2 dll... Kamu harus menamainya: Mp3 player, headphone dll...
- Semua ad group, kata kunci, ad text dalam satu campaign akan ditargetkan ke audiens dari lokasi yang sama, berbicara bahasa yang sama.
- Kamu tidak bisa memisahkan traffic dari Singapura atau Malaysia jika kamu hanya membuat satu campaign yang menargetkan Singapura dan Malaysia. Jika kamu mau breakdown traffic, kamu perlu membuat dua, tiga, empat dll campaign. Setiap campaign menargetkan satu lokasi.
- Idealnya, setiap ad group harus tentang satu tema, satu sub topik dan hanya berisi kata kunci yang terkait erat. Dengan begitu, kamu bisa punya ad text berbeda untuk ad group yang berbeda dan meningkatkan Quality Score kamu.
2. Bagaimana Google memberi reward untuk relevansi?
- Jika kata kunci dan ad text kamu tidak relevan dengan apa yang dicari orang, CTR kamu rendah. Akibatnya quality score kamu buruk dan minimum bid price kamu meningkat.
- Ad position = Quality Score x Bid price
- Apa artinya formula di atas adalah bahwa dengan bid price kata kunci yang sama, posisi kamu akan lebih tinggi dari kompetitor jika quality score kamu lebih tinggi. Contoh: untuk berada di posisi 2, kompetitor kamu membayar avg CPC $1.0 dan dia punya Quality Score 1. Dengan Quality Score 2, kamu hanya butuh biaya avg CPC $0.5 untuk berada di posisi 2.
- Semakin tinggi Quality score kamu, semakin sedikit yang harus kamu bayar dan semakin tinggi posisi iklan kamu. Jadi meskipun kamu di posisi 1 atau di sisi kiri, kamu mungkin membayar lebih sedikit dari kompetitor.
- Dengan menggunakan negative keywords, kamu membatasi jumlah impressions. Yang berarti CTR kamu otomatis meningkat. Contoh, jika impressions kamu 1000. Total clicks = 15 CTR = 15/1000 = 1.5% Dengan penggunaan negative keywords: Impressions baru kamu = 800 (turun 20%) Total clicks tetap sama di 15 CTR = 15/800 = 1.875% (naik 25% dari 1.5%) Kamu akan membayar 25% lebih sedikit untuk posisi iklan yang sama.
3. Bagaimana menulis Ad text yang bagus?
- Hal terburuk yang bisa kamu lakukan dalam iklan adalah membosankan.
- Hal terburuk berikutnya adalah membuat iklan yang keterlaluan, mengejutkan, dan tidak benar
- Langkah-langkah menulis ad copy yang bagus (versi sederhana):
- Kunjungi website klien, cek USP (unique selling points) mereka, slogan, nilai perusahaan, corporate identity guideline.
- Minta klien untuk copy offline mereka (TVC/Print Ad dll...)
- Tanya klien tentang target audience mereka (jika kamu belum tahu)
- Lihat iklan kompetitor di pasar yang sama, di pasar lain
- Gunakan Keyword Dynamic Insertion kalau memungkinkan
- Lakukan ad rotation
4. Keyword matching options, ad scheduling, reporting: silakan merujuk ke learning center. Akan terlalu panjang kalau saya salin semuanya di sini. Kamu bisa email saya di chandlerblog@gmail.com
III. Hari 3 Return on Investment
Sebelum masuk ke detail materi Hari 3, silakan luangkan 7 menit, menelusuri "Understand ROI" dari Adwords Learning Center
- Jawab pertanyaan berikut:
Apakah Adwords sebuah investasi? Bagaimana kamu bisa membenarkan jika itu investasi? Apa itu ROAS? Sebutkan formulanya Berikan satu contoh di mana ROAS kamu 200%
- Pengiklan perlu memahami bahwa tergantung pada tujuan marketing mereka, mereka harus punya cara berbeda untuk mengevaluasi performa kampanye marketing, kampanye online. Semakin spesifik tujuannya, semakin baik. Untuk informasi lebih lanjut tentang menetapkan tujuan kampanye, silakan merujuk ke "Online Marketing for Managers"
1. Conversion tracking
- Tujuan conversion tracking adalah melacak konversi dan cost per conversion.
- Sebuah konversi bisa berupa penjualan, lead, atau tindakan lainnya.
- Cara memasang conversion tracking: ikuti panduan di akun Adwords kamu
- Pastikan untuk menguji conversion tracking setelah memasangnya di situs pengiklan
2. Web Traffic Conversion Parameter berikut bisa digunakan untuk menganalisis web traffic
- Traffic generation: jumlah impressions, jumlah pengunjung, cost per click, click through rate
- Traffic conversion: siapa yang mengambil tindakan, jumlah tindakan (penjualan), action rate (jumlah tindakan / jumlah pengunjung)
- Penjualan atau leads: Jumlah penjualan atau leads, conversion rate, total volume penjualan, Cost per sales (atau cost per conversion), Return on Investment (gross), Return on Ad Spent.
- Generate conversion report dari Adwords
3. Google Analytics Silakan merujuk ke sumber online Google analytics 4. Angka Strategis: Nilai pengunjung: ini adalah jumlah uang yang dibelanjakan pengunjung web rata-rata. Ini revenue penjualan kamu dibagi jumlah klik. Ini membantu menjawab pertanyaan: Berapa banyak yang bisa kamu belanjakan untuk seorang pengunjung dan tetap untung? 5. Aturan 80/20, multiple user journey, interaksi antara aktivitas online dan offline Saya sudah menyebutkan poin-poin ini di tulisan saya sebelumnya.
IV. Hari 4 Optimasi Google Content Network
Google Content Network bisa menjadi sumber traffic tertarget yang bagus jika kamu tahu apa yang kamu lakukan. Satu aturan fundamental adalah kamu perlu memisahkan traffic dari Search dan Content dengan membuat campaign berbeda. Untuk Google Content Network, iklan ditampilkan berdasarkan tema semua kata kunci dalam satu ad group jadi ketika kamu melakukan optimasi, pikirkan di level ad group, bukan level kata kunci.
-
Format iklan yang tersedia:
- Google.com dan Google Search Network: text ad saja
- Google Content Partners: Lebih banyak Format Iklan tersedia: text ads, image ads, video ads dll...
- Format dan panduan image:
- http://adwords.google.com/support/bin/answer.py?answer=12399&topic=7052 https://adwords.google.com/select/imageguidelines.html
-
Model harga: CPC dan CPM. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa membuat keyword targeted campaign menggunakan content network, atau placement targeted campaigns untuk tahu lebih banyak.
-
Catatan: Traffic dari Google Content Network bisa sangat bervariasi.
-
Sebagai aturan umum, karena traffic dari Content Network cenderung kurang tertarget dibanding Search Network, menetapkan CPC lebih rendah untuk Content Network lebih disukai.
-
Click through rate untuk Content Network cenderung jauh lebih rendah dari Search Network jadi jangan gugup ketika kamu melihat CTR 0.05% atau lebih rendah.
-
Jika kamu memutuskan menggunakan image ad atau video ad di Google content network di Singapura, perlu diingat bahwa iklan harus disetujui secara manual oleh Google Client Service person (CS). Proses ini bisa memakan banyak waktu dan kamu perlu mengaktifkan campaign terlebih dahulu dan menunggu persetujuan. Jika campaign kamu di-pause atau pending, prioritas akan diberikan kepada pengiklan dengan campaign aktif.
-
Buat daftar 10 website paling menonjol di bawah Google content network di Singapura.
Oke, banyak sekali yang bisa ditulis tentang optimasi untuk Content Network. Tapi, saya sadar tulisan ini sudah sangat panjang. Saya akan kembali ke topik ini lain waktu.
V. Kesimpulan
Hal di atas adalah apa yang menurut saya setidaknya harus kamu ketahui untuk bisa menjalankan akun Google Adwords yang efektif. Jika kamu menangani banyak klien maka MCC (my client center) adalah keharusan. Sekali lagi, Google telah membangun Learning Center yang sangat bagus jadi saya sangat merekomendasikan kamu untuk menelusurinya. Masukan apa pun tentang materi yang saya sajikan, silakan email Chandler: chandlerblog@gmail.com Terima kasih, Chandler

